Uncategorized

Profil dan Biografi Soekarno Sang Proklamator

Biografi Soekarno – Siapa yg tidak kenal dengan Ir. Soekarno. Kebanyakan orang di Indonesia tentu kenal dengan beliau. Beliau yaitu Presiden awal Republik Indonesia. Sebagai rakyat Indonesia serta menyukai histori, kamu mesti tahu biografi Soekarno. beliau adalah sosok yang banyak dikagumi oleh kebanyakan orang. Karena perjuangan beliau, Indonesia dapat merdeka dari tangan beberapa penjajah. Ayah ir. Soekarno lebih di kenal dengan nama bung karno. Beliau lahir di Blitar pada tanggal 6 juni 1901. Nama asli dari Bung karno yaitu Koesno Sosrodiharjo. Mari kita ulas selanjutnya mengenai perjalanan hidup bung karno.

Nama Soekarno di beri saat soekarno kerap alami sakit saat mempunyai nama Koesno Sosrodiharjo. Menurut orang jaman dahulu, orang itu keberatan nama hingga kerap sakit. Dari sebagian buku biografi Ir soekarno mengatakan kalau nama dari ayah Ir soekarno yaitu Raden Soekemi Sosrodihardjon serta beliau memiliki ibu yang bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Bung karno wafat dunia pada usia 69 th. yakni pada tanggal 21 juni 1970 di Jakarta. Sangat banyak histori yang bercerita mengenai bebrapa saat kejayaan beliau. Saat masihlah kecil beliau tinggal berbarengan kakeknya di daerah Tulungagung, jawa timur.

Ir. Soekarno Presiden Indonesia Pertama

Ketika beliau berusia 14 th. beliau di ajak untuk tinggal di Surabaya serta bersekolah di Hoogere Burger School (H. B. S) oleh rekan ayahnya yang bernama Oemar Said Tjokroaminoto. Dari buku biografi Ir. Soekarno dikisahkan kalau beliau mulai kenal dengan pemimpin serikat islam ketika beliau tinggal di Surabaya. Ketika itu serikat islam dipimpin oleh Ayah Tjokroaminoto. Ketika itu juga soekarno mulai gabung dengan organisasi Pemuda java atau Jong Java. Bung karno tamat dari sekolah hoogere burger School pada th. 1920. Kemudian beliau meneruskan sekolah di ITB yang dahulu bernama Technische Hoge School serta lulus pada th. 1925.

Bila lihat dari biografi Ir. Soekarno beliau banyak membangun serta berhimpun dengan beragam organisasi. Ketika tinggal di bandung, beliau pernah membangun organisasi Algemene Studi Club pada th. 1926. Pada th. 1927 Ir soekarno mengubah organisasi ini jadi Laga Nasional Indonesia. Saat membangun Laga Nasional Indonesia berikut, bung karno di tangkap oleh Belanda pada bln. desember 1929 serta beliau dibebaskan pada bln. desember th. 1931. Hal semacam itu juga karena Pledoi Indonesia menuntut yang begitu populer pada saat itu.

Ir soekarno memiliki 3 istri, istri awal bernama Fatmawati serta memiliki anak yang bernama rachmawati, megawati, Guntur serta guruh. Dari istri keduanya yang bernama hartini beliau memiliki dua anak yang bernama bayu serta taufan. Istri ketiga beliau adalah seseorang wanita yang memiliki kebangsaan Jepang yang bernama naoko nemoto serta bertukar nama bernama ratna sari dewi serta dikarunia anak bernama kartika. Saat bicara mengenai biografi Ir. Soekarno memanglah tak ada habisnya. Terdapat beberapa sekali histori mengenai perjalanan hidup presiden awal Indonesia ini.

Sumber : http://www.biodataartis.net/2016/12/profil-dan-biografi-soekarno-presiden.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s